Kamis, 12 Juni 2014

Contoh RPP IPA SD kelas V



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan      :   Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Selatan
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester            :   V/ 1
Waktu                          :   2 x 35 Menit        
A.    Standar Kompetensi       :
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan.

B.     Kompetensi Dasar           :
1.3   Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan.
C.    Indikator                          :
1.      Menjelaskan gangguan pada alat pencernaan manusia.
2.      Menyebutkan 4 penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.
3.      Menjelaskan penyebab dari penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.
D.    Tujuan Pembelajaran     :
1.      Dengan slide show, peserta didik dapat menjelaskan gangguan pada alat pencernaan manusia.
2.      Dengan tanya jawab, peserta didik dapat menyebutkan 4 penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.
3.      Dengan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan penyebab dari penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.
E.     Karakter yang diharapkan
Setelah pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat memiliki sikap teliti, mandiri, kritis, dan peduli dalam menjaga kesehatan.
F.     Materi Ajar
v  Penyakit yang Menyerang Alat Pencernaan Manusia
Pernahkah kamu mengalami sakit perut? Pada umumnya, jika seseorang merasakan perutnya sakit, maka kemungkinan besar dia mnegalami gangguan pada alat pencernaan. Gangguan itu dapat menyerang lambung, usus halus, usus besar, ataupun anus.
Gangguan pada alat pencernaan sebagian besar berhubungan erat dengan makanan dan cara makan yang tidak sehat. Diantaranya sebagai berikut.
1.      Makanan dapat memicu alat penceranaan jika dinikmati secara berlebihan.
2.      Pola makan yang tidak teratur dapat membuat alat pencernaan tidak bekerja dengan baik.
3.      Cara menghancurkan (mengunyah) makanan yang tidak sempurna di dalam mulut dapat memperberat kerja lambung.
4.      Pengolahan makan dan menggunakan makan yang tidak bersih dapat mengundang kuman penyakit masuk kedalam tubuh.
v  Beberapa Penyakit yang menyerang Alat Pencernaan
a.       Diare
Diare disebut juga mencret. Penyekit ini digolongkan penyakit ringan, tetapi dapat menjadi berbahaya jika tidak mendapat perawatan yang benar.
Diare terjadi jika penderita buang air besar yang encer dan terjadi lebih dari empat kali sehari. Penyakit ini mudah menyerang anak-anak, terutama yang kekurangan gizi.
Banyak hal yang dapat mengakibatkan diare, antara lain mutu dan kebersihan makanan yang buruk, alergi terhadap makanan, dan terlalu banyak makan makanan yang asam dan pedas. Penyakit lain juga dapat mengakibatkan mencret, misalnya malaria, campak, cacingan, dan infeksi usus.
b.      Mag
Mag adalah penyakit yang mengganggu lambung dan usus 12 jari. Gejala yang timbul antara lain sebagai berikut.
1)      Perut terasa perih dan mulas jika terlambat makan.
2)      Saat makan pun perut terasa sakit, kadang terasa mual bahkan muntah.
Penyakit ini timbul karena adanya produksi asam klorida yang berlebihan di lambung. Sakit mag sering disebabkan oleh rasa lelah akibat kerja dan rasa tegang yang berlebihan. Penderita harus segera berobat ke dokter agar tidak menjadi parah.
c.       Radang usus buntu
Radang usus buntu merupakan penyakit serius yang sering menyerang. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan kotoran di usus buntu yaitu di bagian umbai cacing. Akibatnya, umbai cacing menyempit disertai infeksi oleh kuman. Hal ini menyebabkan umbai cacing meradang. Gejala yang timbul antara lain:
1)      Perut bagian kanan bawah terasa sangat nyeri
2)      Perut terasa mual disertai muntah, kadang mencret
3)      Tubuh mengalami demam
Penderita harus segera mendapat perawatan dokter. Pada keadaan yang lebih parah, penderita harus mengalami operasi pemotongan umbai cacing. Fungsi umbai cacing belum diketahui secar pasti. Orang yang dihilangkan umbai cacingnya tidak mengalami gangguan pada alat pencernaan yang lain.
d.      Tifus
Tifus adalah suatu penyakit peradangan pada usus. Penyakit ini dapat menular dengan cepat. Tifus juga dapat timbul akibat kebersihan makanan dan minuman tidak terjaga dengan benar. Gejala yang dialami penderita tifus antara lain:
1)      Tubuh menggigil, lemah, dan disertai mual
2)      Akibat demam tinggi penderita dapat mengigau
3)      Punggung terasa sakit, kadang disertai mencret atau sembelit (susah buang air besar).
Penderita perlu mendapat perawatan dirumah sakit. Makan yang diberikan biasanya dalam bentuk bubur.
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (7 menit)
a.       Salam Pembuka
b.      Doa
c.       Absensi
d.      Mengecek kesiapan belajar peserta didik
e.       Appersepsi
Guru bertanya kepada peserta didik tentang alat pencernaan makanan. “anak-anak, pada materi sebelumnya kita telah belajar tentang alat pencernaan makan pada manusia, siapa yang masih ingat 5 alat pencernaan pada tubuh kita? Jika tidak dirawat dengan baik, alat pencernaan kita dapat diserang oleh penyakit. Nah, anak-anak pada pertemuan ini kita akan belajar tentang penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.”
f.       Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, materi yang akan dipelajari serta kegiatan pembelajaran.
2.    Kegiatan Inti (55 menit)
a.    Eksplorasi
1.    Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru tentang gangguan pada alat pencernaan.
2.    Peserta didik mengamati media slide show yang ditampilkan oleh guru.
3.    Peserta didik menjelaskan gangguan pada alat pencernaan manusia.
4.    Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang makanan dan kesehatan. 
b.      Elaborasi
1.      Peserta didik dan guru malakukan tanya jawab tentang beberapa penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.
2.      Peserta didik diminta menyebutkan 4 macam penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.
3.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
4.      Setiap kelompok terdiri dari 6 orang peserta didik.
5.      Peserta didik berdiskusi untuk dapat menjelaskan penyebab dari penyakit yang menyerang alat pencernaan manusia.
6.      Setiap kelompok menampilkan hasil diskusinya.
7.      Setiap perwakilan kelompok menanggapi hasil diskusi kelompok yang tampil.
c.       Konfirmasi
1.    Peserta didik mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.
2.    Peserta didik diberi motivasi dan apresiasi, bagi yang berhasil menjawab soal dengan benar.
3.    Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dimengerti.
4.    Guru membimbing peserta didik yang belum mengerti.
3.      Kegiatan akhir (8 menit)
1.    Peserta didik menyimpulkan secara garis besar pembelajaran yang telah dibahas pada pembelajaran dengan dibimbing oleh guru.
2.    Refleksi.
3.    Tindak lanjut
a.         Guru memberi arahan pembelajaran selanjutnya.
b.        Guru memberi motivasi dan pesan singkat kepada peserta didik.
c.         Guru memberi pekerjaan rumah kepada peserta didik.
I. Metode Pembelajaran
1.      Penugasan
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
J. Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Media/Alat
a.       Slide show
2.      Sumber
a.       Tim BNSP (Badan Nasional Satuan Pendidikan), 2006. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas. (hal 295)
b.      Heryanto. 2008. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga (hal 18)
K.  Evaluasi
1. Prosedur Penilaian
a.       Penilaian proses: keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran
Lembar evaluasi proses

No

Nama peserta didik
Aspek yang dinilai

keteranagn
Keaktifan
Kedisiplinan
Keberanian
1





2





3





Keterangan  :               A= Baik sekali            C= Cukup
B= Baik                       D= Kurang
b.      Penilaian Hasil : kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal
2. Instrumen Penilaian
a.       Jenis test       : tulisan
b.      Bentuk test   : isian
c.       Alat test        : soal-soal
3. Format Penskoran
Soal No :
Skor
1
Skor 0: tidak menjawab sama sekali
Skor 10: jawaban tepat
2
Skor 0: tidak menjawab sama sekali
Skor 10: jawaban tepat
3
Skor 0: tidak menjawab sama sekali
Skor 10: jawaban tepat
4
Skor 0: tidak menjawab sama sekali
Skor 10: jawaban tepat
5
Skor 0: tidak menjawab sama sekali
Skor 10: jawaban tepat
Skor maksimal 50

                                                                                                Pontianak,  23 September 2013
Guru pamong                                                                          Praktikan



Tengku Mustikawati, S. Pd                                                    Dewi Ratih Savitri
NIP. 197103022003122005                                                   NIM. F32110004


Lampiran
Kerja kelompok
No
Penyakit
Penyebab
1
Diare

2
Mag

3
Radang usus buntu

4
Tifus

Indivudu
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Gangguan alat pencernaan dapat menyerang . . . .
2.      Gangguan pada alat pencernaan sebagian besar berhubungan erat dengan . . . .
3.      Pengolahan makanan dan penggunaan alat makan yang tidak bersih dapat mengundang    . . . .
4.      Mag adalah penyakit yang mengganggu
5.      Radang usus buntu merupakan penyakit yang disebabkan oleh . . . .
Kunci jawab:
1.   lambung, usus halus, usus besar, ataupun anus
2.  makanan dan cara makan yang tidak sehat
3.  kuman penyakit masuk ke dalam tubuh
4.  lambung dan usus 12 jari
5.  penumpukan kotoran di usus buntu, yaitu di bagian umbai cacing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar