RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
MATEMATIKA, KELAS IV, SEMESTER 1 )
MATA
PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS
/ SEMESTER : IV / 1
HARI
/ TANGGAL : SENIN / 4 NOVEMBER 2013
WAKTU
: x
A. STANDAR
KOMPETENSI
Memahami
dan menggunakan sifat-sifat operasi bilangan dalam pemecahan masalah
B. KOMPETENSI
DASAR
Melakukan
operasi hitung campuran
C. INDIKATOR
1. Melakukan
operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan perkalian.
2. Menyebutkan
aturan pengerjaan hitung campuran.
3. Menentukan
aturan operasi hitung campuran dan menggunakan dalam pemecahan soal.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan perkalian.
2. Menyebutkan
aturan pengerjaan hitung campuran.
3. Menentukan
aturan operasi hitung campuran dan menggunakan dalam pemecahan soal.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Operasi
hitung campuran.
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan
awal (5 menit )
·
Salam
·
Doa
·
Presensi
·
Apersepsi
-
“anak-anak, dikelas 3 kalian sudah mempelajari penjumlahan
dan pengurangan”
-
“pada pembelajaran yang lalu kalian juga
sudah memepelajari perkalian dan pembagian kan?”
-
“nah anak-anak, hari ini kita akan
mempelajari operasi hitung campuran.”
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti ( 45 menit )
·
Tanya jawab tentang aturan pengerjaan
operasi hitung campuran (tanya jawab)
·
Guru menerangkan media tentang aturan
pengerjaan operasi hitung campuran
·
Siswa ditunjuk untuk menyelesaikan
contohsoal operasi hitung campuran dipapan tulis (tugas)
·
Siswa yang lain menanggapi
hasilpekerjaan temannya
·
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
(satu bangku 2 orang)
·
Setiap kelompok mengerjakan LKS tentang
operasi hitung campuran
·
Perwakilan dari masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok didepan kelas dan kelompok lain
melengkapi
·
Guru memberikan penguatan dan penilaian
tentang hasil kerja masing-masing kelompok
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
materi yang telah dipelajari (Tanya jawab)
·
Siswa diberikan kesempatan bertanya
materi yang belum dipahami (Tanya jawab)
3. Kegiatan
Akhir (20 menit)
·
Guru membagikan soal evaluasi
·
Siswa mengerjakan soal evaluasi
·
Siswa mengumpulkan soal evaluasi
penugasan
·
Kesan-kesan siswa yang berkaitan dengan
pembelajaran yang telah dilakukan (Tanya jawab)
·
Saran-saran dari siswa untuk
pembelajaran berikutnya agar lebih baik
·
Guru mengakhiri pelajaran
·
Doa dan salam penutup
G. MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
·
Contoh penyelesaian operasi hitung
campuran
2. Sumber
Belajar
·
Kutrikulum KTSP 2006 Pelajaran
Matematika kelas IV SemesterI
·
Tim Surya Badra. 2010. Panduan Praktis
Matematika untuk SD kelas IV. Surakarta : SURYA BADRA
H. PENILAIAN
·
Prosedur penilaian : Proses dan Akhir
·
Teknik Penilaian : Subyektif
·
Alat Penilaian : Lembar soal dan lembar
pengamatan
·
Kriteria Penilaian :
1. Penilaian
proses didasarkan pada kegiatan siswa selama mengikuti Kegiatan Belajar
Mengajar. Aspek yang dinilai adalah :
a. Keaktifan
siswa selama pembelajaran
b. Ketepatan
dalam menjawab pertanyaan
c. Kerjasama
dalam kelompok
2. Penilaian
akhir didasarkan pada hasil kerja siswa dalam mengerjakan LKS dan soal Evaluasi
I. LAMPIRAN
1. Ringkasan
materi
2. LKS
(Lembar Kerja Siswa)
3. Kunci
Jawan LKS
4. Lembar
soal tes akhir dan kunci jawaban
5. Format
penilaian proses dan hasil
RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
KELAS
IV SEMESTER 1
Mata
Kuliah : Materi dan Pembelajaran
Matematika di SD 1
Kelas : 3 B Regular A
Nama Kelompok :
Ø Aullery
Jordan Pattingge
Ø Delly
Yuandi
Ø Praditia
Ø Tio
Galian Asta
Ø Yennie
Armeina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar